UNESCO akan mengukuhkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage).

Batik memang identik bersama Indonesia, bukan berarti negara lain bisaa memproduksinya. Negara tetangga kita, seperti Malaysia, Singapura, bahkan China juga memproduksi batik bersama motif Yangg cukup beragam. Hal itu ternyata membikin pengakuan dunia internasional terkait batik Indonesia memudar.

Buktinya, UNESCO (United Nations Educational, Scientific & Cultural Organization), akan mengukuhkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Pengukuhan tersebut akan secara sah dilakukan pada .2. oktober 2009 mendatang di Prancis.

Untuk batik Yangg akan ditetapkan sebagai World Heritage ialah batik tulis & bukan batik printing. Hal itu karena batik printing juga diproduksi di beberapa negara lain. Batik tulis memang diproduksi di Indonesia.

Pembuatannya Yangg dilakukan secara manual memakai canting serta pewarnaan Yangg menghabiskan cukup lama, membikin corak & kualitas batik tulis begitu istimewa. Harganya juga Lebihh tinggi dibandingkan bersama batik Yangg di cetak / printing. guna membikin batik tulis juga membutuhkan keahlian khusus karena kesulitan Yangg cukup tinggi.

Untuk corak batik tulis, ada juga beberapa Yangg diperuntukkan guna kalangan kerajaan Jawa & bisaa dibuat oleh orang sembarangan. Hal itu terkait filosofi & status dari si pemakai. Batik untuk masyarakat Jawa, memang bukan suatu kain bercorak, juga penggambaran filosofi kehidupan & warisan budaya leluhur Yangg dijaga.

Untuk mendukung pengukuhan batik tulis Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage), Ayo Kitaa batik pada .2. Oktober mendatang. Tunjukkan rasa bangga Kitaa sebagai bangsa Indonesia, Yangg memiliki warisan budaya Yangg luar biasa antara lain batik tulis.

Sumber: VIVAnews

About kiranacollections

Simple and Beauty

Posted on 5 Mei 2011, in Artikel. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: